3 Hal Memudahkan Anda Terampil Public Speaking

 

  1. Menge tujuan

Public speaking adalah salah satu bagian dari komunikasi anda harus memahami bahwa tujuan komunikasi adalah supaya orang lain mengetahui apa yang anda sampaikan, melaksanakan apa yang anda mau, mengikuti apa yang anda katakan.

Setiap profesi punya tujuan yang berbeda dalam public speaking. Tentu seorang MC punya tujuan yang berbeda dengan seorang guru, berbeda pula seorang motivator dalam berbicara di depan umum. Begitu juga dengan seorang pelawak, guru, pemilik usaha, manager atau dosen. Jadi, tanyakan pada diri anda, apa profesi anda dan apa tujuan anda berbicara di depan umum.

  1. Keyakinan

Tidak ada sesuatu apapun yang bisa berhasil dengan baik, jika tiak ada keyakinan yang ada pada diri anda. Keyakinan bahwa anda bisa berbicara di depan umum sebenarnya merupakan 50%  dari kemampuan anda berbicara di depan umum. Bagaimana cara anda meyakinkan bahwa anda bisa berbicara di depan umum? Anda bisa belajar melihat dari pengalaman orang lain, lalu belajar dari pengalam sendiri.

Apakah anda pernah tahu bahwa saat anda lahir pertama kali di dunia, sesungguhnya anda hanya bisa menangis, sakit menangis, dan lain-lain. Saat itu yang bisa anda lakukan hanya itu bukan? Tetapi waktu berjalan dan anda mulai meniru orang-orang sekitar anda berbicara, lalu perlahan tapi pasti, akhirnya anda bisa berbicara begitu lancar seperti ini.

Public speaking juga demikian, anda bertemu dengan mentor/gur yang tepat, lalu mulai belajar, tanamkan keyakinan dan anda pun akan bisa.

  1. Semangat

Tidak ada sesesuatu apapun di dunia ini yang bisa berhasil tanpa adanya semangat. Bahkan anda lahir di dunia karena ada semangat. Ketika semangat muuncul di dalam diri anda, maka energi akan mengalir ke seluruh tubuh anda, dan sesaat kemudian tubuh anda mulai terasa hangat. Rasa hangat ini menandakan kehidupan terus berlansung

Bandingkan sebaliknya saat anda bangun tidur, anda loyo, maka seharian anda akan merasakan hal tersebut. Semangat dalam public speaking pun sedikkit demi sedikit akan mengurangi rasa grogi , rasa gugup kita.

Share
← Prev Project Back to Works Next Project →